Entri Populer

Minggu, 26 Oktober 2014

Cerita Lain (1) Menelusuri Desa Cikarawang

Tumbuhan Apa Ini?

Berbincang dengan masyarakat Cikarawang

Saat di lapangan, banyak cerita menarik yang kami alami. Ini terjadi karena kami berinteraksi dengan masyarakat mengenai sesuatu hal yang menurut kami menarik. Salah satunya, kami bertemu dengan seorang Bapak yang membawa alat pemotong rumput dengan menggenggam sebuah kantong plastik berisi tanaman. Peristiwa menarik ini terjadi ketika kami beristirahat sejenak di rumah Dodi.

Lalu saya membuka percakapan, “Pak, itu untuk apa?” sambil saya menunjuk plastik di genggamannya. Bapak itu menjawab, “Ini untuk saya tanam, ini saya peroleh dari tetangga sebelah.” Percakapan pun berlanjut. Bapak itu menerangkan bahwa tumbuhan ini diperoleh dengan mencabut anakannya dari tumbuhan indukannya. Anakan itu tumbuh di sekitar tumbuhan induknya.

Beliau menjelaskan, sangat mudah untuk menanamnya, yaitu cukup menggali tanah lalu menanam dan menyiramnya seperti menanam tumbuhan lainnya. Lalu beliau menawarkan apakah kami mau tumbuhan tersebut? Tanpa ragu kami menjawab “mau pak!” Beliau mempersilakan kami untuk membawa seluruhnya, meski akhirnya kami cukup membawa 4 anakan.

Tumbuhan yang sudah besar pemberian warga Cikarawang

Yang harus diperhatikan adalah jarak tanam karena tumbuhan ini dapat tumbuh besar dengan daun melebar dan dapat setinggi sekitar satu meter. Bapak menyarankan kami untuk memberikan jarak tanam sekitar satu setengah sampai dua meter. Menurutnya, tumbuhan ini dapat tumbuh cepat saat musim hujan. Saat saya tanyakan apa nama tumbuhan ini, Bapak tersebut tidak mengetahui namanya. Beliau menunjukkan kami untuk melihat secara langsung, tumbuhan ini yang sudah besar di halaman tetangga sebelah. Kami ikuti arahan beliau, Amboy!! Bagus sekali tumbuhan ini bila besar kelak.

Sesungguhnya, saya masih penasaran apa nama tumbuhan ini. Bahkan saya pribadi baru pertama kali melihat tumbuhan seperti ini. Tumbuhan ini bukan pohon, karena yang saya tahu pohon itu berkambiun. Morfologi daun atau bentuk daun ini yaitu tulang daun sejajar, setiap daun meruncing ke atas dan setajam jarum pada ujung atas nya. Saya mengatakan setajam jarum karena saya merasa seperti tertusuk jarum ketika menyentuh ujung atasnya.


Daunnya berwarna hijau muda dengan tepinya berwarna kuning menyala. Tidak ada bunga pada tumbuhan ini. Yang menarik perhatian saya terhadap daun ini adalah komposisi letak jarak antara daun seimbang, daun melebar dan seolah mekar berbentuk mahkota. Warnanya yang terang menyala dengan terlihat seperti lapisan lilin mengkilat di daun bagian atas. Terima kasih pak telah memberi kami tumbuhan ini. Pekarangan sekret, adalah tempat anakan ini akan tumbuh besar dan mempercantik halaman rumah kami. 

oleh Suki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar